SEJARAH ADANYA UANG



Ternyata uang yang kita kenal saat ini  mengalami proses perkembangan yang sangat panjang.
Awal mulanya, masyarkat sama sekali tidak mengenal kata pertukaran karena setiap orang mencoba berusaha memenuhi kebutuhannya sendiri. Artinya apa yang mereka dapatkan itulah yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhannya.
Selanjutnya manusia dihadapkan pada kenyataan bahwa apa yang mereka hasilkan sendiri ternyata tidak mencukupi kebutuhan hidupnya. Untuk mendapatkan barang-barang yang tidak bisa mereka hasilkan sendiri, kemudian mereka mulai mencari orang yang mau menukarkan barang yang dimilikinya dengan barang lain yang mereka butuhkan. Akhirnya munculah barter, yaitu barang yang ditukar dengan barang. Namun pada akhirnya mereka menyadari bahwa akan sulit untuk menemukan orang lain yang berkebutuhan sama dalam arti orang yang mau menukarkan barangnya dan juga akan sulit untuk menentukan nilai dari barang yang ditukarkan apakah seimbang dengan barang yang diinginkan atau tidak. Dari kesulitan sistem barter, muncullah pemikiran-pemikiran baru untuk menggunakan benda benda tertentu untuk digunakan sebagai alat tukar.
Benda-benda yang ditetapkan sebagai alat pertukaran adalah benda-benda yang diterima oleh umum , bernilai tinggi. Misalnya garam, orang Romawi menggunakan garam sebagai alat tukar atau pembayaran upah.
Meskipun sudah ada alat tukar, tetapi kesulitan dalam pertukaran masih ada. Kesulitan itu antara lain : benda yang dijadikan alat tukar belum memiliki pecahan sehingga sulit untuk menentukan nilai uang dan kurangnya daya tahan benda-benda tersebut sehungga mudah hancur dan tidak tahan lama.
Kemudian munculah uang logam. Logam dipilih sebagai alat tukar karena memiliki nilai yang tinggi, tahan lama dan tidak mudah rusak serta mudah dipindah tangankan. Uang logam sendiri harus berbahan emas atau perak, sedangkan jumlah emas dan perak terbatas.

Nama : Ilmi Nur Khoirunnisa
Kelas : X Akuntansi 1
Tugas : Simdig
                                     

Comments

  1. Ayo ajak kawan anda sebanyak-banyak nya gabung di sini.Raih Jackpot yang sangat besar dan bonus menarik lain di DNA POKER Indonesia :

    ♠ Bonus New Member 20% max bonus Rp 300.000,-
    ♣ Bonus setiap Deposit max bonus Rp 100.000,-
    ♥ Bonus Cashback rollingan 0,3%
    ♦ Bonus Refferal 15% ( Seumur Hidup )

    ♠ Minimal Deposit Rp 10.000,-
    ♥ Minimal Withdrawal Rp 30.000,-

    Untuk info lebih lanjut dapat Hubungi Livechat kami Atau :
    WA : +8558692773
    BBM : E33FF559
    Wechat : DNAPOKER

    Link Altenatif kami :
    dnawin. co
    dnawin. net
    dnapoker. com

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tentang Armaan Malik

DESCRIPTION ABOUT DEEPIKA PADUKONE

Akuntansi, Kas kecil ( petty cash )