SEJARAH ISLAM

Sejarah islam merupakan satu fakta-fakta atau kejadian-kejadian yang terjadi pada suatu periode tertentu di dalam masa dimana umat Islam di bagian timur tengah Afrika sebagai satu sistem pemerintahan atau sistem peradaban (sistem kebudayaan). Sejarah adalah satu waktu sejarah dimana kejadian atau peristiwa itu terjadi dalam satu periode atau masa tertentu. Kalau kita merujuk pada sejarah Islam tentu kita melihat pada satu periode dimana Rasulullah SAW lahir kemudian dewasa dan mendapatkan risalah dari Allah lalu pada usia ke 40 tahun kita bisa melihat dimulainya sejarah Islam yang sesungguhnya.

 
Di dalam buku sejarah seperti yang mungkin sudah kita baca mengatakan bahwa di dalam periodisasi sejarah biasanya terdapat pembagian periode/periodisasi atau pembagian masa peradaban sejarah umat manusia.
Jadi Islam secara periodisasi yang pertama disebut dengan periode klasik yaitu dimulai pada tahun 650-1250M. 


Disebutkan bahwa periode klasik dimulai dari 650-1250M, kemudian Rasulullah wafat sekitar tahun 634. Kehidupan Rasulullah disebutkan dalam sejarah yaitu pada tahun 650M dan disitulah kerajaan Islam mulai berdiri seperti kerajaan Abbasiyah.

Pembagian periodisasi dalam sejarah bukanlah dilakukan oleh orang-orang yang hidup pada masa itu. Periode klasik ini memiliki dua fase catatan sejarawan seperti apa yang ditulis oleh Profesor Doktor Harun Nasution, pertama adalah fase dimana umat Islam melakukan integrasi kemudian melakukan perluasan wilayah mulai dari tahun 650-1000M dan kerajaan-kerajaan Islam itu melakukan integrasi kekuasaannya kemudian juga sekaligus memperluas kekuasaannya sampai tahun 1050M lalu mulai mengalami kemunduran setelah sebelumnya mengalami suatu masa-masa kejayaan. Dikatakan sebagai masa-masa kemunduran adalah karena pada tahun 1058 telah hancurkan oleh pasukan mongol. 

Islam mengalami kemunduran yang kemudian dari tahun 1250 itu umat Islam di beberapa bagian yang berkuasa di Spanyol mulai mengalami kekuasaannya terpecah-pecah. Kemudian munculah pada tahun 1400-an raja kerajaan kerajaan baru di Iran, muncul kerajaan Safawi kemudian kerajaan Mongol di India serta kerajaan Mongol di Spanyol.

Diantara itu munculah satu kekhilafahan yang sangat besar di Islam yaitu di Turki namanya adalah Turki Usmani. Perlu diketahui bahwasanya Turki Usmani itu berdiri pada tahun 1400, jadi Turki Usmani kemudian berkembang pesat dan bisa meluaskan kekuasaannya sampai menguasai Spanyol masuk ke Rusia, masuk ke Serbia, masuk ke Hongaria ke Eropa Timur bahkan sampai ke Asia telah menguasai wilayah-wilayah di dekat daerah yang dikuasai oleh Turki Usmani. Turki Usmani  biasanya dalam bahasa Inggris disebut dengan Ottoman Usmani dan pendirinya adalah Usman. 

Kekhilafahan inilah yang menjadikan umat Islam kembali berjaya.  Berjaya secara politik dan juga secara ilmu pengetahuan.
Walaupun sebenarnya tidak juga begitu hebat, tidak seperti pada abad-abad pada periode klasik yang terjadi antara 650-1000M dimana umat Islam maju secara kebudayaan secara politik secara ilmu pengetahuan sangat luar biasa. Pada periode klasik itu juga telah melahirkan banyak filusuf terkenal, para ilmuwan yang terkenal pada bidang keagamaan, dalam bidang ilmu matematika, ilmu astronomi, ilmu teknik.  Karena itu pada periode klasik tepatnya pada abad pertengahan ini yang berkembang di dunia politik pemerintahan terutama yaitu dengan adanya Kerajaan Safawi juga Kerajaan Mongol yang kemudian pada tahun 1800-an itu kerajaan kerajaan ini juga mengalami masa-masa  kemunduran dan keruntuhan karena wilayah-wilayah yang mereka kuasai kemudian melepaskan diri dari kekuasaan pusat.


Republik Turki menjadi akhir dari sistem kekhilafahan Usman, kekuasaannya atau pemerintahannya yang diwariskan dari seorang raja kepada keturunannya adalah bentuk dari republik. Penguasa dipilih oleh rakyat dan tokoh utamanya adalah Mustafa Kemal Attaturk, inilah yang menjadi akhir cerita dari Imperium atau kekhilafahan utsmaniyah. Periode yang seperti itu dimulai dari tahun1800, karena pada waktu itu kerajaan-kerajaan Islam sudah mulai melemah kemudian banyak seperti yang sudah kita ketahui bahwa orang-orang Bali sedang melakukan melakukan imperialisme kebanyak negara yang ada di Afrika di Timur Tengah.

Negara-negara dan kerajaan-kerajaan Islam telah mengalami kemunduran, termasuk Turki Usmani.  Setelah itu dari tahun 1800-an dunia mulai maju dalam bidang ilmu pengetahuan kebudayaan kemudian secara politik dan juga militer.

Comments

Popular posts from this blog

Tentang Armaan Malik

DESCRIPTION ABOUT DEEPIKA PADUKONE

Akuntansi, Kas kecil ( petty cash )